Pengertian Dakwaan Tunggal dan Contoh Surat Dakwaan Tunggal

Posted by Sumber Ilmu Hukum on Kamis, 19 Desember 2019

Loading...

Pengertian dakwaan tunggal


Pengertian dakwaan tunggal secara umum adalah dakwaan Penuntut Umum kepada terdakwa yang diyakini telah melakukan satu perbuatan pidana. Oleh karena itu, maka di dalam dakwaan tunggal penuntut umum hanya menguraikan secara jelas perbuatan pidana yang didakwakan kepadanya dan menyebutkan satu pasal di dalam surat dakwaan.

Karena bentuknya yang sederhana, maka pembuktian dakwaan tunggal tidak begitu sulit dibandingkan bentuk surat dakwaan lainnya. Untuk membuktikan apakah Terdakwa bersalah, maka majelis hakim hanya perlu mempertimbangkan unsur-unsur yang didakwakan kepadanya.

Pengertian Dakwaan Tunggal dan Contoh Surat Dakwaan Tunggal

Contoh dakwaan tunggal


Ada berbagai macam surat dakwaan dan yang paling sering digunakan adalah dakwaan tunggal.  Adapun bentuk dan contoh surat dakwaan tunggal yaitu :

Surat dakwaan
Nomor register perkara : 8787/989PNf/…/…/
I. Identitas Terdakwa


1.
Nama lengkap        
:
Jack The Ripper;
2.
Tempat Lahir
:
Liverpool;
3.
Umur/tanggal lahir
:
18 Tahun / 4 Januari 2000;
4.
Jenis kelamin
:
Laki- Laki;
5.
Kebangsaan
:
Indonesia;
6.
Tempat tinggal
:
Dusun Suka Maju, Kel. Kecebong Kampret Bersatu, Kec. Suka Duit, Kota Wakanda;
7.
Agama
:
Islam;
8.
Pekerjaan
:
Tidak Ada;

II. Penahanan
  1. Oleh penyidik : Rutan, sejak tanggal 21 Mei 2018 sampai dengan tanggal 9 Juni  2018;

2. Perpanjangan PU : Rutan, sejak tanggal 10 Juni  2018 .sampai dengan tanggal 19 Juli  2018
3. Penuntut Umum : Rutan, sejak tanggal 18 Juli 2018  sampai dengan tanggal 17 Agustus  2018

III. Dakwaan

Bahwa ia Terdakwa Jack The Ripper, pada hari Minggu tanggal 20 Mei 2018 sekitar jam 11.00 Wita atau setidak-tidaknya pada suatu waktu sekitar bulan Mei 2018, bertempat di Samping Sekolah Dasar Negeri 1 Wakanda, Kota Wakanda atau setidak-tidaknya pada suatu tempat yang masih termasuk dalam wilayah hukum Pengadilan Negeri Wakanda, tanpa hak memasukkan ke Indonesia, membuat, menerima mencoba memperolehnya atau mencoba menyerahkan, menguasai, membawa, mempunyai persediaan padanya atau mempunyai dalam miliknya, menyimpan, mengangkut, menyembunyikan, mempergunakan atau mengeluarkan dari Indonesia sesuatu senjata pemukul, senjata penikam, atau senjata penusuk, perbuatan mana Terdakwa lakukan dengan cara sebagai berikut :
-      Bahwa pada waktu dan tempat tersebut di atas, berawal ketika saksi Irwansyah Mahmud alias Irmud yang merupakan anggota Kepolisian Polsek Sumarecon mendapatkan laporan dari masyarakat bahwa masyarakat Dusun Sukamaju sedang mengejar seseorang yang di duga hendak mengambil barang milik orang lain namun saat tiba di lokasi kejadian saksi Irwansyah Mahmud alias Irmud hanya menemukan 1 (satu) unit sepeda motor tanpa pemilik dan setelah saksi IRWANSYAH MAHMUD mencari pemilik sepeda motor tersebut diketahui bahwa sepeda motor tersebut merupakan milik terdakwa Jack The Ripper;
-      Selanjutnya saksi Irwansyah Mahmud alias Irmud bersama dengan saksi SIGIT PEDRO mendatangi rumah Terdakwa dan Terdakwa pun mengakui bahwa motor yang ditinggalkan oleh terdakwa di Samping Sekolah Dasar Negeri 1 Wakanda, Kelurahan Kecebong Kampret Bersatu, Kecamatan Suka Duit,  Kota Wakanda merupakan miliknya dan saat dilakukan pemeriksaan bagasi motor ditemukan 2 (dua) ketapel/alat pelontar dan 3 (tiga) batang busur/anak panah yang menurut pengakuan dari Terdakwa ketapel/alat pelontar dan batang busur/anak panah tersebut merupakan miliknya;
-      Selanjutnya saksi Irwansyah Mahmud alias Irmud meminta surat ijin untuk membawa 2 (dua) ketapel/alat pelontar dan 3 (tiga) batang busur/anak panah tersebut namun Terdakwa menyampaikan bahwa Terdakwa tidak memiliki surat izin yang sah dari pihak yang berwenang dan Terdakwa membawa ketapel serta anak panah tersebut untuk menjaga diri karena disekitar tempat tinggal Terdakwa sering terjadi perkelahian antar pemuda.

Perbuatan Terdakwa Jack The Ripper sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 2 Ayat (1) Undang - Undang RI No. 12 Tahun 1951. LN. Nomor 78/1951.
Wakanda, 11 Agustus 2018

James Mc Avoy

Penuntut Umum

Loading...
Blog, Updated at: Desember 19, 2019

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terbaru